Portugal Calon Juara Piala Dunia 2018

Portugal Calon Juara Piala Dunia 2018

Kurang dari 1 bulan lagi pesta sepak bola dunia, Piala Dunia, akan berlangsung di Rusia. Semua negara partisipan mulai serius lakukan persiapan pada skuat demi satu misi yang sama di Piala Dunia 2018: bertahan semaksimal mungkin. Untuk sejumlah negara besar dengan sejarah sepak bola yang kuat, incaran mereka tentu saja menjadi juara.

Tetapi, semua negara punya kesempatan yang sama untuk menjadi juara sekarang ini. Belum terlihat negara mana yang akan bermain oke atau tidak. Tak terkecuali Timnas Portugal. Negara berjuluk Selecao das Quinas pun dapat menjadi juara, sebab 4 faktor di bawah ini.

Momentum Euro 2016

Tim nasional Jerman berstatus juara bertahan dari Piala Dunia 2014. Namun, Timnas Portugal pun punya status sebagai juara Euro 2016. Dari Euro sampai Piala Dunia sekarang ini hanya terpaut waktu 2 tahun, sampai para pemain Portugal masih rasakan momentum dan kepercayaan, kalau mereka pun dapat lakukan hal yang sama di Rusia nanti.

Portugal juga bukan tim favorit di Rusia nanti seperti Brasil, Jerman, Inggris, Argentina, atau Prancis. Namun, status mereka itu sama seperti Euro 2016. Saat tak diunggulkan, Portugal malah mengejutkan publik dengan menjadi juara di Prancis, melawan Tim nasional Prancis di pertandingan final.

Profil Timnas Portugal di Piala Dunia 2018

Skuat Berpengalaman

Campuran skuat Portugal sekarang ini dapat dikatakan ideal. Mereka punya para pemain muda berbakat, yang dikombinasikan dengan pemain senior lainnya Bruno Alves, Rolando, Jose Fonte, Joao Moutinho, Ricardo Quaresma, dan Cristiano Ronaldo. Pemain senior bisa berikan pengalaman pada mereka  yang lebih muda.

Malah, para pemain senior itu mungkin berpikir Piala Dunia 2018 dapat menjadi yang terakhir untuk mereka membela Portugal. Hasrat dan motivasi tambahan tersebut dapat menular pada semua pemain tim, sampai Portugal difavoritkan juara Piala Dunia 2018.

Ronaldi di timnas Portugal piala dunia 2018

Adanya Sosok Cristiano Ronaldo

Perlukah factor ini dimasukkan? Ronaldo sudah terbukti bisa membawa Portugal menjadi juara di Euro 2016, turnamen besar internasional, sementara rivalnya, Lionel Messi, belum dapat berikan itu untuk Argentina.

Tuah yang sama tentu diharapkan warga Portugal muncul dari megabintang Real Madrid itu di Piala Dunia 2018. Cetak angkanya sangat dinanti. Ronaldo sekarang ini berstatus top skor sepanjang masa Portugal dengan catatkan 81 cetak angka.

Cara Bermain Fernando Santos

“Melakukan serangan bikin Anda menangan laga, bertahan membuat Anda menangkan titel.” Masih ingat dengan kutipan itu? Benar, komentar tersebut dikatakan manajer tersukses yang berasal dari Skotlandia, Sir Alex Ferguson. Filosofi bermain yang mementingkan pertahanan tersebut dimiliki pelatih Portugal sekarang ini, Fernando Santos.

Bekas pelatih Porto dan Timnas Yunani cenderung pragmatis dalam pendekatannya pada sebuah laga. Dengan cara tersebut lah, Santos mengantarkan Portugal perlahan menuju final Euro 2016 untuk kemudian menjadi juara. Jika pertahanan Portugal bisa terus menjadi kuat di Piala Dunia 2018, dan tentunya efisien ketika menyerang, Portugal yang belum pernah menjadi juara di Piala Dunia tentu dapat memenangkannya di Rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *